Era revolusi Industri 4.0 tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita, mengingat betapa cepat perkembangan teknologi dan informasi yang terjadi , namun, seberapa siapkah kita dalam menghadapi tren perubahan di dunia industri? dan bagaimana perubahan yang terjadi di dunia pendidikan?
Sekilas akan saya jelaskan perubahan - perubahan yang terjadi didunia industri, dimulai dengan revolusi industri 1.0 dengan ditemukannya mesin uap, perubahannya adalah mekanisasi , dan tenaga uap, dilanjut dengan industri 2.0 , terjadi perubahan ke tenaga elektikal dan produksi massal, dilanjut dengan industri 3.0 terjadi perubahan ke electronik, otomasi dan komputerisasi, dan pada era sekarang sudah dicetuskan industri 4.0 terjadi perubahan ke Internet of Think yaitu konsep komputasi yang terhubung ke internet , network sehingga bisa terintegrasi ke semua bidang atau industri 4.0 sering juga disebut era digital
.Bagaimana Dunia pendidikan mensikapi industri 4.0
Mensikapi perubahan didunia pendidikan di era 4.0 bukan lagi persoalan akses sarana dan prasarana tetapi sudah berbicara tentang mutu lulusan yang bisa bersaing di dunia global. Pertama yang harus dilakukan adalah pemenuhan perubahan para guru yang harus mengikuti perkembangan di era digital, tidak bisa lagi para guru minder cerita tentang perubahan teknologi sekarang dikarenakan kekurang mampuan mengikuti era ini. Untuk itu di perlukan peningkatan kemampuan guru seperti memberikan materi dengan pendekatan penerapan penggunaan teknologi informasi (IT).
Ada 6 tantangan yang harus dimiliki para pendidik di era industri 4.0
1. Ketrampilam berfikir kritis dan penyelesaian masalah, bagaimana seorang pendidik berfikir secara sistem dan kemampuan ini bisa ditularkan kepada peserta didik
2. Ketrampilan berkomunikasi berbasis teknologi informasi sehingga memeudahkan para peserta didik dalam menyerap ilmu dari guru
3. Kemampuan berfikir kreatif dan inovasi,
4. Kemampuan memiliki literasi secara teknologi informasi sehingga tidak ketinggalan keilmuan yang dimiliki
5.Kemampuan pembelajaran secara kontektual, sehingga guru tidak lagi menjelaskan secara abstrak akan tetapi bisa secara kontektual dengan menggunakan gambar, video, atau produk langsung secara 3D
6. Kemampuan memiliki literasi media sosial, jadi ada perubahan pertemuan face to face di kelas dengan memanfaatkan kemampuan media sosial sepeti whaapup atau media lain google class atau zoom, sehingga tidak ada lagi pengaruh kedatangan guru di sekolah .
Bagaimana dengan Pandemi Covid 19 ?
Manurut wikipedia pandemi covid 19 adalah penyebaran peristiwa menyebarnya Penyakit koronavirus 2019 (bahasa Inggris: coronavirus disease 2019, singkatan dari COVID-19) di seluruh dunia. Penyakit ini disebabkan oleh koronavirus jenis baru.
Kasus positif COVID-19 di Indonesia pertama kali dideteksi pada tanggal 2 Maret 2020, sejak mewabahnya covid 19 di indoensia maka secara otomatis terjadi perubahan di semua lini kehidupan, tidak tertutup juga terjadi di dunia pendidikan
Pertanyaan nya adalah apakah selama pandemi covid 19 berpengaruh terhadap dunia pendidikan menuju era industri 4.0?
Menurut hemat kami terjadi perubahan perubahan peralihan pengajaran, dari face to face di kelas sekarang beralih secara digital dengan memanfaatkan aplikasi di media internet.dan dari penjelasan secara abstrak berubah menjadi penjelasan langsung dengan menampak produk yang dijelaskan dengan menggunakan media.
Pembelajaran dengan penggunaan teknologi berbasis internet mulai diajarkan ke para pendidik walaupun masih ada aja kendala yang dihadapi.
Perubahan ini memacu dunia pendidikan mempersiapkan tenaga pengajar menguasai infomasi tekbologi di masa pandemi ini agar anak didik tetap belajar dan memaksa para pendidik berfikir kreatif dalam metode belajar , tentu salah satu indikator dunia pendidikan mempercepat diri nya dalam menghadapi industri 4.0...
PKBM Sinar Bangsa tetap semangat menjalani pendidikan ditengah pandemi covid 19
mantap๐๐๐
ReplyDeleteSukses buat Pkbm sinar bangsa,tetap semangat Dan Terus berinovasi dlm memajukan dunia pendidikan
ReplyDelete